Saudara-saudariku,
semoga Allah merahmati kita semua.
Begitu banyak kenikmatan yang Allah
kurniakan kepada kita. Kenikmatan yang tiada terhitung dan tak dapat pula
diganti dengan emas permata. Salah satunya adalah nikmat sihat yang banyak kita
lalaikan. Akan tetapi, bagaimana jika Allah menghendaki kesihatan itu lenyap
dari kita sehingga kita menderita sakit? Apakah yang harus kita lakukan agar
sakit yang kita alami dapat berubah menjadi ladang pahala dan penghapus dosa?
· Orang yang sedang jatuh sakit
berkewajipan untuk rela menerima ketetapan Allah, bersabar menghadapi
takdirNya, dan berprasangka baik kepadaNya. Semua itu akan lebih baik baginya.
Hal itu sebagaimana pernah disinggung Rasullah shalallahu ‘alaihi wa sallam dalam
sabdanya,
عجبا لأمر المؤمن إن أمره كله خير وليس
ذاك لأحد إلا للمؤمن إن أصابته سراء شكر فكان خيرا له وإن أصابته ضراء صبر فكان
خيرا له
Ertinya : “Sungguh mengagumkan urusan orang
Mukmin. Sesungguhnya semua urusannya adalah baik, dan hal itu tidak dimiliki
oleh siapapun kecuali orang Mukmin. Jika dia mendapatkan kesenangan, dia
bersyukur, dan demikian itu lebih baik baginya. Jika ditimpa kesusahan, dia
akan bersabar, dan demikian itu lebih baik baginya.”
(HR.
Muslim, al Baihaqi dan Ahmad )
Orang yang sakit harus benar-benar
berada dalam keadaan antara rasa takut dan berharap, takut kepada siksa Allah
atas dosa-dosanya disertai dengan perasaan mengharapkan rahmatNya. Dasarnya
adalah hadis Anasradhiyallahu
‘anhu: “Bahawasannya Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam pernah
menjengok seorang pemuda saat menjelang kematiannya. Kemudian beliau bertanya :
“Apa yang engkau rasakan?” Dia menjawab: Demi Allah, wahai Rasulullah,
sesungguhnya aku benar-benar berharap kepada Allah dan sesungguhnya aku takut
akan dosa-dosaku.” Maka Rasulullah Shalallahu
‘alaihi wa sallam bersabda :
لا يجتمعان في قلب عبد في مثل هذا الموطن
إلا أعطاه الله ما يرجو وآمنه مما يخاف
Ertinya : “Tidak akan bersatu dalam hati seorang
hamba kedua hal tersebut dalam keadaan semacam ini (sakit), melainkan Allah
akan merealisasikan harapannya dan memberikan rasa aman dari apa yang dia
takuti.”
(HR.
Turmizi dan yang lainnya dengan sanad hasan).
Separah apapun penyakit yang diderita
seseorang, dia tidak diperbolehkan untuk mengharapkan kematian. Pernyataan ini
berdasarkan hadis Ummu al-Fadhl (isteri Abbas) radiyallahu ‘anha, bahawasannya
Rasulullah shalallahu
‘alaihi wa sallam pernah menjengok mereka, sementara
‘Abbas, bapa saudara Rasulullah shalallahu
‘alaihi wa sallam, tengah mengeluh (kerana sakit) sampai
mengharapkan kematian. Maka Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
يا عباس يا عم رسول الله لا تتمن الموت ان
كنت محسنا تزداد إحسانا إلى إحسانك خير لك وان كنت مسيأ فان تؤخر تستعتب خير لك
فلا تتمن الموت
Ertinya : “Wahai bapa saudaraku, janganlah engkau
mengharapkan kematian. Kerana sesungguhnya, jika engkau seorang yang baik lalu
diberi usia yang panjang, engkau boleh menambah kebaikanmu, dan itu lebih baik.
Adapun jika engkau seorang yang banyak berbuat buruk lalu diberi tenggang usia,
kemudian engkau berhenti dari perbuatan buruk tersebut dan bertaubat, maka yang
demikian itu lebih baik. Kerana itu janganlah engkau mengharapkan kematian.”
(HR. Ahmad)
Dalam riwayat yang lain, yang disebutkan
oleh as-Syaikhan (Bukhari dan Muslim), al-Baihaqi (III/377) dan lainnya dari
hadis Anas, dengan kalimat senada dengan hadis tersebut secara marfu’, di dalamnya
disebutkan :
فَإِنْ كَانَ لا بُدَّ فاعلاً فليقُل :
اللَّهُمَّ أَحْيني ما كَانَت الْحياةُ خَيراً لِي وتوفَّني إِذَا كَانَتِ
الْوفاَةُ خَيْراً لِي
Ertinya : “Kalau dia terpaksa harus melakukan hal
tersebut (mengharapkan kematian), hendaklah dia berdoa: ‘Ya Allah, hidupkanlah
aku jika hidup ini lebih baik bagiku dan matikanlah aku jika kematian itu lebih
baik bagiku.’”
Hadis shahih, sebagaimana telah di-takhrij dalam
kitab Irwaa-ul Ghalil (no.
683).
Jika orang yang sakit itu mempunyai
beberapa kewajipan yang harus dibayarkan, hendaklah ia segera menunaikan kepada
yang berhak, jika memang dia tidak merasa kesulitan untuk melakukannya. Jika
tidak demikian, hendaklah dia berwasiat mengenai kewajipannya. Dalilnya adalah
sabda Rasulullah Shalallahu
‘alaihi wa sallam:
من كانت له مظلمة لأخيه من عرضه أو شيء
فليتحلله منه اليوم قبل أن لا يكون دينار ولا درهم إن كان له عمل صالح أخذ منه
بقدر مظلمته وإن لم تكن له حسنات أخذ من سيئات صاحبه فحمل عليه
Ertinya : “Barangsiapa yang pernah menzalimi
saudaranya, baik terhadap kehormatan mahupun hartanya, hendaklah dia meminta
untuk dihalalkan sekarang, sebelum tiba hari Kiamat, ketika dinar dan dirham
tidak lagi diterima. Jika dia memiliki amal soleh, maka amal itu akan diambil
sesuai besar kezalimannya dan diberikan kepada yang berhak. Jika dia tidak
memiliki amal soleh maka dosa-dosa orang yang dizalimi akan diambil dan
dibebankan kepadanya.”
Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam juga
bersabda :
مَنْ مَاتَ وَعَلَيْهِ دَيْنٌ فَلَيْسَ
ثَمَّ دِيْنَارٌ وَلاَ دِرْهَمٌ
Ertinya : “Siapa yang meninggal dunia
sementara dia masih menanggung hutang maka (sedari) di sana (akhirat) tidak ada
lagi dinar dan dirham, melainkan kebaikan dan keburukan.”
(HR. Hakim, Abu Daud,
At-Thabarani, dan dishahihkan al-Albani)
Keharusan untuk segera merealisasikan
wasiat bagi orang yang sakit. Hal ini didasarkan pada sabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam :
ما حق امرئ مسلم له شيء يريد أن يوصي فيه
يبيت ليلتين إلا ووصيته مكتوبة عنده
Ertinya : “Tidaklah benar bagi seorang Muslim yang
masih bertahan hidup dua malam, sementara dia mempunyai sesuatu yang hendak dia
wasiatkan, melainkan wasiatnya sudah tertulis dekat kepalanya.”
(HR. Muslim)
· Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam memerintakan untuk berubat
dan berupaya mencari kesembuhan serta tidak berputus asa dari kesembuhan atas
suatu penyakit. Daripada Jabir bin ‘Abdillah, Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam,
bahawasannya beliau bersabda :
لكل داء دواء فإذا أصيب دواء الداء برأ
بإذن الله عز و جل
Ertinya : “Setiap penyakit itu pasti ada ubatnya.
Oleh kerana itu, barangsiapa yang tepat dalam melakukan pengubatan suatu
penyakit, maka dengan izin Allah ‘azza wa jalla dia akan sembuh.”
(HR. Muslim, Ibn Hiban, dan Hakim)
Daripada abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dia
bercerita bahawa Rasulullah bersabda :
ما أنزل الله داء إلا أنزل له دواء
Ertinya : “Tidaklah Allah menurunkan suatu
penyakit, melainkan Dia turunkan ubat untuknya.”
(HR. Ibn Majah dan dishahihkan al-Albani)
Saudara-saudariku hayatilah hadis
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam berikut, semoga menjadi penghibur bagi
engkau yang sedang sakit.
Daripada Abu Sa’id dan Abu
Hurairah radiyallahu’anhuma,
bahawa Nabi Shalallahu
‘alaihi wa sallam bersabda :
مَا مِنْ مُصِيبَةٍ تُصِيبُ الْمُسْلِمَ
إِلاَّ كَفَّرَ اللَّهُ بِهَا عَنْهُ، حَتَّى الشَّوْكَةِ يُشَاكُهَا
Ertinya : “Tidaklah seorang muslim ditimpa
kepayahan, penyakit, kegoncangan, kedukaan, mahupun kesulitan, bahkan sampai
duri yang menusuknya, melainkan dengannya Allah akan menghapuskan
kesalahan-kesalahannya.”
( Mutatafaq’alaih)
Daripada Ibnu Mas’ud radiyallahu ‘anhu, ia
berkata, aku pernah masuk ke tempat NabiShalallahu
‘alaihi wa sallam, ketika beliau tengah menderita sakit panas, lalu
aku bertanya: “Ya Rasulullah, sesungguhnya engkau benar-benar menderita sakit
panas yang sangat tinggi.” Beliau menjawab:
“Benar, sesungguhnya aku menderita
sakit panas seperti yang dirasakan oleh dua orang ( dilipatkan dua kali)
di antara kalian.” Ibnu Mas’ud bertanya lagi: Itu bererti engkau mendapatkan
dua pahala ? Beliau menjawab : “Benar, seperti itulah kiranya.
مَا مِنْ مُسْلِمٍ يُصِيبُهُ أَذًى مَرَضٌ
فَمَا سِوَاهُ إِلاَّ حَطَّ اللَّهُ لَهُ سَيِّئَاتِهِ كَمَا تَحُطُّ الشَّجَرَةُ
وَرَقَهَا
Ertinya : “Tidaklah seorang muslim tertimpa oleh
suatu yang tidak menyenangkan, sakit atau yang lainnya, melainkan Allah akan
menghapuskan kesalahan-kesalahannya. Dan dosanya akan berguguran sebagaimana
pohon menggugurkan daunnya.”
(Muttafaq ‘alaih)
Daripada Abu Hurairah radiyallahu ‘anhu, ia
berkata, Rasulullah Shalallahu
‘alaihi wa sallam bersabda:
مَنْ يُرِد اللَّهُ بِهِ خَيْرًا يُصِبْ
مِنْهُ
Ertinya : “Barangsiapa yang Allah menghendaki
kebaikan baginya, maka akan ditimpakan cubaan padanya.”
( HR. Al-Bukhari )
Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallamI bersabda:
إن عظم الجزاء مع عظم البلاء وإن الله إذا
أحب قوما ابتلاهم فمن رضي فله الرضا ومن سخط فله السخط
Ertinya : “Sesungguhnya besarnya pahala tergantung
pada besarnya cubaan. Sesungguhnya Allah subhanahu wa Taala jika mencintai
suatu kaum maka Dia akan memberikan cubaan kepada mereka. Barangsiapa yang
redha maka dia akan memperoleh keredhaanNya dan barangsiapa yang murka maka dia
akan memperoleh kemurkaanNya.”
(HR. At-Tirmidzi, dia mengatakan; Hadis
ini Hasan)
Demikian yang boleh kami aturkan, semoga
Allah taala memberi
kesembuhan kepada saudara-saudari yang sedang sakit, memberikan kesabaran
kepada mereka dan menghapuskan dosa-dosa mereka. Aamiin….
Wabillahi taufiq walhamdulillahi rabbil
‘alamiin
artikel muslimah.or.id
Penulis: Ismianti Ummu Maryam
Murajaah: Ustadz Ammi Nur Baits
Penulis: Ismianti Ummu Maryam
Murajaah: Ustadz Ammi Nur Baits
Maraaji’
:
1. Terjemah Hukum Dan Tata Cara Mengurus
Jenazah Menurut Al-Qur’an Dan As-Sunnah, Syaikh Muhammad
Nashiruddin Al-Albani,Pustaka Imam Asy-SYafi’i ,2005,Bogor.
2. Terjemah Syarah Riyadhush Shalihin Jilid
1, Syaikh Salim Bin ‘Ied Al-Hilali, Pustaka Imam Syafi’i Maret 2008.
3. Terjemah Bekam Cara Pengobatan Menurut
Sunnah Nabi Shalallahu
‘alaihi wa sallam, DR. Mumahammad Musa Alu Nashr, Pustaka Imam
Asy-Syafi’i, September 2005.