Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

V 167 : ASMAUL HUSNA ( 74. AL ZOHIR )

AL ZOHIR   ( الظاهر )   ALLAH Yaa Zohir Yang Maha Nyata menegaskan kepada kita DIA nyata, dapat dilihat dan sesungguhnya hadir. Kehadira...

Rabu, 11 Disember 2013

N 59 : RAHSIA SUNNAH NABI, POSISI TIDUR KEKANAN

Tidur Sunnah Rasul berbaring kekanan Hadits daripada Barra bin ‘Azib ra : RASULULLAH SHALLALLAHU ‘ALAIHI WASSALLAM bersabda yang Ertinya :

“Jika kalian hendak tidur di pembaringan, berwuduklah seperti wuduk untuk solat, kemudian berbaringlah kamu dengan berbaring di sebelah kananmu.” 
(HR. Bukhari dan Muslim)

Hadits ini mengajarkan kepada umat Islam agar berbaring di sebelah kanan.

Pada saat itu tak ada yang mengetahui apa alasan di balik sunah tersebut, tetapi kini melalui penelitian yang panjang para ilmuwan berhasil mengungkapkan rahsia di balik anjuran tersebut.

Pada saat kita tidur dalam posisi ini jantung hanya akan terbebani oleh paru-paru kiri yang berukuran kecil.

Selain itu tidur dengan cara ini akan menempatkan hati pada posisi yang stabil.

Selain itu posisi ini juga sangat baik bagi pencernaan, penelitian menunjukkan saat kita tidur dengan menyamping ke kanan, makanan akan mampu dicerna oleh usus dalam 2,5 sampai 4,5 jam.

Sedangkan dalam posisi tidur yang lain makanan baru akan selesai dicerna setelah 5 sampai 8 jam ( Tidur Dengan Menyamping Ke Kiri ) Tidur miring ke kiri ternyata jugalah tidak baik untuk kesihatan, terutama organ jantung.

Hal ini disebabkan saat kita tidur pada posisi ini, maka paru-paru sebelah kanan, yang berukuran besar, akan menekan ke arah paru-paru.

Hal ini akan berpengaruh kepada kemampuan/keupayaan jantung, terutama kepada orang yang berusia lanjut.
( Tidur Dengan Telangkup )

Dr. Zafir al-Attar berkata : “Seseorang yang tidur dengan cara telangkup di atas perutnya setelah suatu masa tertentu akan mengalami kesulitan bernafas kerana seluruh berat badannya akan menekan ke arah dada yang menghalangi dada untuk merenggang dan berkonstraksi saat bernafas.

Hal ini juga dapat menyebabkan terjadinya kekurangan penyerapan oksigen yang dapat mempengaruhi keupayaan jantung dan otak.”

Peneliti dari Australia telah menyatakan bahawa terjadi peningkatan kematian pada anak-anak sebesar tiga kali ganda, saat mereka tidur telangkup dibandingkan jika mereka tidur dengan posisi mengiring.

Sedangkan Majalah “Times” menghebahkan hasil sebuah penelitian di England yang menunjukkan peningkatan tingkat kematian mendadak pada anak-anak yang tidur telangkup.

Fakta-fakta tersebut sejalan dengan apa yang diajarkan dalam Islam, sebagaimana Abu Hurairah RA meriwayatkan hadits daripada RASULULLAH SHALLALLAHU ‘ALAIHI WASSALLAM bahawa beliau pernah melihat seorang lelaki yang sedang tidur dengan posisi telangkup, lalu beliau bersabda,

“Sesungguhnya ini adalah cara berbaring yang dimurkai oleh ALLAH dan RasulNya.”
(HR Tirimizi dan Ahmad-hasan lighairihi)

Subhanallah
Semoga kita termasuk umat yang dirindukan RASULULLAH SHALLALLAHU ‘ALAIHI WASSALLAM yang selalu tetap istiqamah mengikuti dan mengamalkan Sunnah-Sunnah Beliau. Aamiin.





Tiada ulasan:

Catat Ulasan